Thursday 24 December 2015

Flusswächter


Judul aslinya adalah Penjaga Sungai, aku terjemahkan bebas dalam bahasa jerman menjadi Flusswächter. Karya ini salah satu karya awal saya di atas kanvas lagi pada tahun 2015, setelah lama sekali cuma berkutat dengan media kertas dan lithographie. Lukisan hitam putih di atas yang sekilas mirip gambar pensil atau carchoal/arang, sungguh saya buat memakai cat akrilik, tentu juga memakai kuas untuk menorehkannya ke bidang kanvas. Saya mulai menggunakan cat akrilik dulunya untuk menghindari bau-bau minyak yang tidak nyaman di hidung dan studio sempit saya waktu kuliah di ISI Yogyakarta. Kemungkinan media cat minyak akan aku jamah lagi setelah tahu ada minak yang nirbau.
Bercerita tentang hantu-hantu yang selama ini lebih senang atau terpaksa menjadi penunggu sungai-sungai besar di indonesia khususnya di jawa, setelah wilayah daratan dikuasai tentara sejak gestok.
Masa lalu yang kelam sedikit demi sedikit dikuak tabirnya, namun masih banyak yang harus dilakukan agar kita tahu berada di mana posisi kita sekarang. Ayo tetap semangat!

No comments:

Post a Comment