Sunday 25 October 2015

Nggak usah takut nonton pembukaan pameran!

Bagi kita yang sering nonton sebuah pembukaan pameran mungkin judul di atas sebuah lelucon. Tapi bagi sementara orang yang tak tahu menahu tentang dunia pameran seni rupa adalah persoalan serius.
Sebuah pameran seni rupa biasanya diawali dengan ceremony atau upacara bukan bendera untuk peresmian. Dalam bahasa asing biasa dikatakan opening atau vernissage. Tamu-tamu pada waktu pembukaan adalah orang-orang yang mendapat undangan atau teman-teman seniman yang kebetulan bisa hadir. Tapi sebenarnya semua orang boleh datang, apalagi jika acara tersebut disebarluaskan melalui poster dst.

Pada waktu pembukaan pameran seni rupa hampir selalu ada hidangan gratis. Pola menghidangkan sesuatu yang kostenlos ini ditujukan agar pembukaan pameran lebih seru karena banyak yang datang. So ketika pembukaan pameran kita malah nggak akan dapat konsentrasi penuh melihat karya yang dipamerkan. Selain antri makanan gratis sambil kadang menikmati hiburan musik,  juga ketemu kolega dan teman-teman yang sehari-harinya jarang ketemu atau pun kenalan baru. Jadi kadangkala selain makan minum gratis pada sebuah acara pembukaan pameran, kebutuhan sosialisasi lebih penting daripada menyaksikan karya yang dipajang.

Orang yang tidak pernah atau belum tahu, akan berpikir ulang jika ingin mengunjungi acara pembukaan pameran, mereka berpikir kalau datang ke pembukaan pameran pasti membeli tiket masuk atau mengeluarkan uang untuk membeli makanan. Memang ada beberapa pameran yang makanan dan minumannya dijual, tapi itu hanya kasus kecil, prosentasinya kecil sekali.
Justru makanan dan minuman yang disediakan tersebut sebagai umpan! Kita para pengunjung adalah ikan-ikan yang berenang bebas, ketika memakan umpan sekalipun kita tetap bebas tak perlu membeli karya yang sedang dipamerkan. Biarlah orang yang sudah kelebihan uang yang mengamankan karya tersebut.

Pihak penyelenggara pameran telah rela mengalokasikan dana yang tidak sedikit untuk sesi konsumsi, maka dari itu mari teman-teman janganlah ragu apalagi takut untuk datang ke sebuah pembukaan pameran.
Selain mendapatkan santapan jasmani kita juga dapatkan yang rohani, selain mengapresisasi karya seniman sekaligus juga bisa membangun jaringan pertemanan yang tak diduga sebelumnya. Yak sip!


No comments:

Post a Comment